8 (delapan) pandangan Utsman r.a. terhadap perilaku manusia

بسم الله الرحمن الرحيم

Utsman r.a. mengatakan terdapat 8 baris urusan sebagaimana perilaku manusia di dunia ini:

1. Aku heran terhadap orang yang sudah mengetahui adanya kematian, tetapi ia masih tertawa.

2. Aku heran terhadap orang yang mengetahui bahwa dunia itu akan binasa, tetapi ia masih mencintainya

3. Aku heran terhadap orang yang mengetahui bahwa semuanya sudah ditakdirkan, tetapi ia masih menyesali terhadap sesuatu yang terlepas darinya.

4. Aku heran terhadap orang yang menyakini akan adanya hisab, tetapi ia masih mengumpulkan harta kekayaan.

5. Aku heran terhadap orang yang mengetahui adanya neraka, tetapi ia masih berbuat dosa.

6. Aku heran terhadap orang yang mengetahui Dzat Allah, tetapi ia masih menyebut-nyebut selain-Nya.

7. Aku heran terhadap orang yang mengetahui surga, tetapi ia masih mencari kesenangan dunia.

8. Aku heran terhadap orang yang percaya bahwa syaitan adalah musuhnya, tetapi ia masih mengikutinya.

Leave a Reply

